Diberdayakan oleh Blogger.

Shopping Cart Details


Order Details Amount
GRAND TOTAL:

Please choose a checkout option.
No personal data required.

Send in Orders

It's Quick & Easy! Details here will not be published.

Please include messages to us here.

Checkout

Popular Posts

Subhanalloh…!!! INILAH “KEAGUNGAN FADILAH PUASA 9 HARI BULAN DZULHIJAH SEBELUM IDUL ADHA”. yang Belum Banyak Diketahui.........

  








Sebelum kita menjelaskan fadilah puasa awal bulan dzulhijah ada baiknya kalau kita mulai dahulu keterangan para ulama tentang sunahnya puasa awal bulan dzulhijah.
Sunah puasa awal bulan dzulhijah
1.      Dalam kitab busyrol karim
ويسن صوم الثمانية الايام قبله وهو المراد بقوله (وعشر ذى الحجة
(selain puasa hari arafah) di sunahkan pula berpuasa delapan hari sebelum hari arafah, dan itu lah yang di maksud dengan sunah puasa sepuluh yang awal dzul hijah (Busyrol karim hal: 81).
Puasa di awal bulan dzulhijah adalah hukumnya sunah, karena bulan dzulhijah termasuk salah satu dari empat bulan haram atau mulia yang di sunahkan untuk berpuasa.
2.       Imam Nawawi dalam kitab Majmu’
قالَ اَصْحَابُنَا : وَمِنَ الصَّوْمِ الْمُسْتَحَبُّ صوْمُ الْاَشْهُرِ الْحُرُم وَهِىَ ذُوالْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ ( المجموع


mso-ascii-font-family: Calibri; mso-ascii-theme-font: minor-latin; mso-bidi-font-family: Arial; mso-bidi-theme-font: minor-bidi; mso-hansi-font-family: Calibri; mso-hansi-theme-font: minor-latin;">شرح المهذب جزء:٦ ص:٤٣٨ )
Artinya : berkata ulama-ulama kami (Madzhab Syafi’i) : diantara puasa yang disunnahkan adalah puasa pada bulan-bulan haram yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijah, Muharram dan Rajab.
(majmu’ syarah muhadzab Juz 6 Hal : 438).
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ
بِشَىْءٍ

“Tidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah, pen.).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh, pen.).” (HR. Ahmad 1968, Bukhari 969, dan Turmudzi 757).

Dalam menjelaskan hadits di atas al hafidz Imam Ibnu Hajar rahimahullahdalam fathul bari, :
  واستدل به - يعني بحديث ابن عباس - على فضل صيام عشر ذي الحجة ، لاندراج الصوم في العمل
 “Dan dijadikan dalil dengannya yaitu hadits Abdullah bin Abbas atas keutamaan berpuasa sepuluh hari pertama Dzulhijjah, karean berpuasa masuk dalam amal baik.” Lihat kitab Fath Al Bari, 2/534.
Berikut ini adalah fadilah atau keutamaan bagi orang yang melaksanakan puasa di awal bulan dzulhijah, yang di jelaskan oleh sebagian ulama.
قال بعض العلماء: من صام هذه الايام اكرمه الله بعشرة اشياء: البركة في عمره, والزيادة فى ماله والحفظ فى عياله والتكفير لسيئاته والتضعيف لحسناته والتسهيل لسكرات موته مالضياء لظلمات قبره والتثقيل لميزانه والنجاة من دركاته والصعود درجاته  (ذزة الناصحين ص: 266)
Artinya:” sebagian Ulama berkata: Barang siapa berpuasa pada hari ini (sepuluh awal dzulhija tgl 1 sampai 9) maka alloh swt. memulyakanya dengan sepuluh perkara:
1.        di berkahi dalam umurnya.
2.       Dia di tambah hartanya,
3.       Terjaga keluarganya,
4.       Di hapus keburukan keburukanya,
5.       Di lipat gandakan kebaikanya,
6.       Di mudahkan dalam sekaratul maut,
7.       Dia mendapat penerangan dalam gelapnya alam kubur,
8.       Dia di beratkan timbangan amal baik di hari hisab,
9.       Dia di selamatkan dari tingkatan derajad rendah,
10.   Dan di naikan derjadnya.
CAR,FOREX,DOMAIN,SEO,HEALTH,HOME DESIGN

 


Instagram Sorot Publik


Info Section Text